MANAJEMEN PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA TOKO GALERY JAM TANGAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Vina Putri Agustiyani(1), Riki Renaldo(2),


(1) Program Studi Ekonomi Syariah STEBI Tanggamus Lampung
(2) Program Studi Ekonomi Syariah STEBI Tanggamus Lampung
Corresponding Author

Abstract


Penggunaan media sosial di Indonesia pada tahun 2024 mencapai 160 juta jiwa atau 59% dari total penduduk di Indonesia telah mencapai 275 juta jiwa. Platform media sosial yang paling banyak digunakan pertama adalah Whatsapp sebanyak 90% sedangkan Instagram diurutan kedua dengan total 85%. Dari data tersebut penggunaan media sosial untuk meningkatkan penjualan onlineshop, karena mayoritas penduduk di Indonesia terutama kaum milenial memanfaatkan Instagram sebagai media penjualan. Dengan semakin meningkatnya angka penggunaan media sosial Instagram maka semakin banyak pesaing toko onlineshop di Instagram. Untuk itu pelaku bisnis seorang islam perlu menerapkan etika bisnis islam, etika bisnis islam merupakan sejumlah perilaku etis bisnis (akhlak al Islamiyah) yang dibungkus dengan nilai-nilai syariah yang mengedepankan yang halal dan menjauhkan yang haram, dengan tujuan mendapatkan Ridha-Nya Allah. Pada penelitian ini yang akan dibahas adalah bagaimana strategi penjualan Galery Jam Tangan di Instagram menurut Etika Bisnis Islam dan bagaimana penerapan Etika Bisnis Toko Galery Jam Tangan melalui sudut pandang Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen strategi penjualan Galery Jam Tangan di Instagram menurut Etika Bisnis Islam dan mengetahui penerapan etika bisnis Galery Jam Tangan melalui sudut pandang Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian yang jenis dan sifatnya deskriptif, riset kepustakaan dan kualitatif, yang didalamnya terdapat upaya-upaya dalam mendeskripsikan, mencatat, menganalisis, dan menginterprestasikan mengenai Penelitian tentang “Manajemen Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Toko Galery Jam Tangan Bandar Lampung melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram”, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder.


Keywords


Etika Bisnis Islam, Manajemen, Instagram, Media Sosial

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 82 times
PDF Download : 16 times

DOI: 10.56327/signaling.v12i2.1719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.